Perkembangan Janin 1 Sampai 9 Bulan

Diposting pada

Perkembangan Janin 1 Sampai 9 Bulan
Siapa sih ibu yang menginginkan calon bayinya tidak berkembang normal? Tentunya setiap ibu menginginkan janinnya tumbuh sehat dan kuat. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk para ibu sebaiknya harus mengetahui perkembangan janinnya. Biasakan untuk mengontrol perkembangannya dengan memeriksakan janinnya pada dokter. Perkembangan Janin yang setiap bulannya di kontrol tentunya akan berbeda dengan yang tidak.

Perkembangan janin yang di kontrol dapat memudahkan pencegahan penyakit. Seperti adanya kelainan berupa down sindrom ataupun kecacatan ataupun hal lain yang tidak di inginkan. Dengan demikian anda bisa lebih berhati hati ketika janin yang di kandungan ternyata lemah. Ataupun jika ada potensi kecacatan, penyakit bisa di cegah semaksimal mungkin untuk bisa di beri obat ataupun ada penanganan sesegera mungkin. Agar nanti ketika sudah lahir potensi tersebut sudah hilang.

Tahapan Perkembangan Setiap Bulan

Tahapan perkembangan bayi yang akan di paparkan bisa mejadi salah satu informasi dari berbagai informasi. Pada perkembangan janin 1 bulan sudah mulai terbentuk organ-organ penting pad calon bayi. Terbentuk sistem syaraf dan pembuluh darah seperti kaki, tangan, mata dan jantung. pada usia 2 bulan terjadi proses pembentukan tilang pada kaki, gusi dan gigi. selain itu juga pankreas hati, kantong empedu. Pada usia 3 bulan organ-organ mulai proses penyempurnaan masing-masing sesuai fungsinya.

Perkembangan Janin 4 Bulan sangar berkembang pesat. Kuku jari tangan dan kaki mulai tumbuh. Pada usia tersebut janin sudah aktif bergerak dan mulai bernafas, menghisap dan menelan. Telinga janin mulai bisa berfungsi untuk mendengar dan kaki pada janin sudah mulai bergerak-gerak jadi tulangnya sudah mulai kuat. Pada usia ini janin telah terbentuk dan sudah mulai butuh nutrisi melalui plasenta Janin

Rambut kepala mulai terbentuk pada Perkembangan Janin 5 Bulan. Pada usia ini juga paru-paru dan sistem pernapasan mulai terbentuk. Pada usia ini juga bayi sudah berwujud bayi kecil. Bagian kelopak mata, bibir dan alis mulai terlihat jelas. Pada usia ini juga janin sudah mulai dapat merasakan sentuhan ringan dari sang bunda. Alat indera janin sudah mulai berkembang. Meskipun terpejam pada usia ini janin sudah bisa menangkap cahaya yang terang. Selain itu pada usia tersebut sudah mulai terbentuk lapisan yang melindungi kulitnya

Perkembangan Janin 6 Bulan, sistem kekebalan tubuh dan pencernaan makin berkembang. Gerakan sang bunda dan suara yang berisik bisa menyebabkan janin susah tertidur. Pada usia ini juga janin sudah mulai bisa mengontrol gerak tubuhnya, sang bunda bisa merasakan gerakannya. Apalagi saat sang bunda sedang beristirahat, gerakannya lebih terasa. Telinga janin, mata dan otak sudah berfungsi sempurna karena adanya gelombang otak sudah mulai mengaktivasi audio dan visual. Jadi mata sudah mulai merespon cahaya dan telinga dapat mendengar.

Sudah bisa membuka dan menutup mata pada Perkembangan Janin 7 Bulan. Pada usia ini janin telah berubah posisi, yaitu kepala berada dibawah. Berat janin juga sudah mulai bertambah cepat. Janin juga sudah mulai melatih gerakan bernafas. Paru-paru terbentuk belum sempurna, tapi jika lahir pada usia ini dimungkinkan besar masih bisa bertahan hidup.

Perkembangan Janin 8 Bulan, tuang janin sudah mulai mengeras, sudah mulai aktif bergerak. Kuli bayi sudah semakin memerah, kuku jari tangan dan kaki sudah sempurna. Rambutnya sudah mulai banyak dan sudah bisa bermimpi. Sedangkan pada usia 9 bulan janin sudah siap untuk dilahirkan. Pada usia ini juga bayi sudah memilki kulit yang halus. Adanya lapisan lemak untuk mengisi betis dan lengan. Organ-organnya sudah terbentuk dengan sempurna sesuai fungsinya. Janin sudah mulai menunggu untuk melihat ayah dan bundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *