Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Diposting pada

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Tidak sedikit para ibu hamil (bumil) menyepelekan dalam posisi tidurnya. Padahal posisi tidur ibu hamil juga menjadi salah satu faktor ibu dan janinnya tetap sehat. Dengan posisi tidur yang salah pada bumil bisa menyebabkan mendengkur, penurunan tekanan darah, pembengkakan kaki, nyeri otot, bahkan bisa meningkatnya tekanan darah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, anda sebaiknya menghindari hal-hal berikut ini

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar

1. Hindari Tidur Telentang

Posisi tidur ibu hamil muda yang salah adalah tidur terlentang. Karena dengan tidur terlentang, tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior bisa meningkat. Tekanan ini bisa menghambat darah yang bererdar ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Dan Vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) yang terletak di belakang perut bagian bawah ini bertugas membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung. Jika Vena cava inferior tertekan, akhirnya akan memicu pembengkakan pada bagian tubuh atau edema.

2. Gunakan Bantal

Dengan mengguanakan bantal dapat membantu posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Jika bumil merasa sesak napas atau bernapas pendek, anda bisa letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Dan ketika anda merasakan sakit pada ulu hati, anda bisa meletakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi

3. Tidur Menyamping ke Kiri

Posisi tidur saat hamil diperkenankan tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Hal tersebut bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Dengan posisi menyamping kiri ini membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Selain itu posisi tidur seperti ini dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Karena menyamping kiri bisa membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh.

Nah, anda sebagai ibu hamil jangan lupa melakukan hal-hal tersebut. Karena dengan posisi tidur yang benar tentu membuat anda dan buah hati anda tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *